Pedoman Cara Membuat Soal Hots Terbaru

Cara Membuat Soal Hots terbaru

Silahkan unduh dan miliki Pedoman Cara Membuat Soal Hots terbaru guna meringankan kinerja para Guru dalam hal membuat susunan butir pertanyaan yang akan digunakan menjadi lembar soal baik untuk ujian maupun untuk latihan. Agak berbeda dengan pembuatan soal pada umumnya, untuk  lebih jelas dan lengkapnya bisa Bapak/Ibu ketahui secara menyeluruh dengan cara melihat langsung dari buku panduannya.

Perlu diketahui untuk kembali mengingatkan kepada Bapak/Ibu, HOTS merupakan kependekan dari higher order thinking skills, yang jika diterjemahkan diartikan sebagai kemampuan berpikir dalam tingkat tinggi, walaupun jika diinterpretasikan dari makna kata, higher lebih tepat diterjemahkan sebagai lebih tinggi. Perlu diingat pula bahwa istilah HOTS juga tidak  jauh berbeda dengan LOTS, lower order thinking skills atau keterampilan berpikir tingkat rendah,  hanya saja digunakan dalam platform yang berbeda.

Apa pentingnya HOTS ? dalam  dunia  pendidikan yang dimana terdapat pengembangan cara berpikir selain pengembangan karakter, HOTS membantu kemampuan berpikir manusia dan mengoptimalkan fungsinya dalam memecahkan masalah, karena berpikir pada dasarnya adalah kelebihan yang dimiliki manusia. Berbeda dengan LOTS yang dinilai hanya akan menghasilkan peserta didik yang pasif, yang hanya hanya unggul dalam menghapal, meniru, namun tidak terampil dalam menyelesaikan masalah. Maka dari itu peran dari HOTS sangat signifikan dalam peningkatan kualitas hidup manusia. Tanpa  adanya HOTS manusia tidak akan mudah kritis dalam menyerap informasi, cenderung percaya pemberitaan hoax, mudah percaya tanpa menganalisis data, dan  mudah mengikuti suatu ajakan tanpa alasan yang mendasar. HOTS pada dasarnya adalah melatih nalar manusia ke tingkat optimal.

Pada buku panduan yang akan Bapak/Ibu unduh, Bapak/Ibu akan mengetahui bagaimana metode penilaian dalam  mengukur kemampuan cara berpikir siswa melalui HOTS. Bagaiman ciri penilaian HOTS? Penilaian dikatakan HOTS apabila peserta didik mampu dalam menyelesaikan tugas atau soal yang didalamnya meliputi: mengolah informasi/berpikir logis/berpikir kritis/menganalisis/berpikir kreatif, tidak hanya sekedar mengandalkan ingatan. Apakah HOTS hanya dapat dinilai dengan soal bentuk pilihan ganda?

Apakah soal HOTS selalu berkaitan dengan kejadian kontemporer? Bila yang dimaksud dengan kontemporer adalah situasi yang berkaitan dengan kehidupan dunia nyata yang terjadi di era ini, bisa dikatakan soal HOTS merupakan soal yang adaptif dan selalu terkait dengan kehidupan sehari - hari  dan terkini. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari - hari, soal yang meminta peserta didik untuk membuktikan rumus merupakan soal HOTS karena menuntut kemampuan berpikir logis, analitis, namun situasi tersebut bisa digunakan dalam mengambil keputusan dalam  sebuah  rapat maupun dalam kerja kelompok dalam sebuah organisasi. Demikian pula soal yang meminta peserta didik untuk menentukan kelogisan dari suatu pernyataan akademis. 

Download Buku Pedoman Cara Membuat Soal Hots Terbaru


Baiklah setelah Bapak/Ibu membaca pengantar mengenai panduam pembuatan soal HOTS, silahkan kami persilahkan kepada Bapak/Ibu untuk langsung melihat semua penjelasan yang akan didapatkan pada buku panduan yang  bisa Bapak/Ibu unduh dibawah ini! 

Buku Panduan Soal HOTS – Download

Demikian beberapa hal yang bisa kami informasikan terkait informasi pedoman cara membuat soal  hots terbaru untuk tahun ini. Semoga apa yang kami sajikan kepada Bapak/Ibu pada artikel kali ini bisa sedikit memberikan keringanan kinerja kepada Bapak/Ibu selaku tenaga pendidik dan abdi negara pembentuk generasi bangsa.

Dan juga tidak  lupa kami berharap kepada Bapak/Ibu sekalian permohonan kami pada Bapak/Ibu guru sekalian dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas - tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar - besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya.  Nantikan terus berkas - berkas administratif dan aplikasi pendidikan  lainnya hanya di gameseducationary.blogspot.com. 


Comments

Popular Posts