Contoh Format Buku Tamu Kelas

Dalam setiap kegiatan belajar mengajar, sering kita melihat adanya suatu kunjungan dari pihak luar sekolah untuk memantau kegiatan belajar mengajar secara langsung. Baik itu dari pihak akreditasi, mahasiswa untuk melakukan survey atau penelitian, maupun dari pejabat daerah ataupun pusat. Kunjungan kelas atau sekolah dapat pula berarti kunjungan supervisor kepada guru-guru yang disupervisi. Hasil observasi harus dipergunakan untuk memperbaiki kekurangan atau kelemahan-kelemahan guru dalam menjalankan tugasnya, termasuk didalamnya dipergunakan untuk mendorong agar guru mengembangkan kebaikan-kebaikan yang dimilikinya. Hasil kunjungan tidak dimaksudkan sekedar untuk mencari-cari kesalahan pihak yang dikunjungi guna menjatuhkan sanksi-sanksi administratif. Untuk mengantisipasi adanya penyelewengan dalam melakukan kunjungan, entah yang dilakukan oleh oknum tertentu sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar, tentunya harus disediakan buku tamu kelas untuk mendata siapa saja tamu yang melakukan kunjungan di sekolah atau di kelas – kelas.


Menanggapi hal tersebut, artikel ini menyediakan link yang bisa Bapak/Ibu unduh untuk memuat fasilitas buku tamu kelas. Link tersebut berisi contoh format buku tamu kelas yang kiranya bisa membantu para guru untuk mendata kunjungan – kunjungan formal maupun non formal demi kekondusifan suasana belajar mengajar. 

Contoh Format Buku Tamu Kelas
Format ini terdiri dari dari 7 kolom yang berisi nomor, hari dan tanggal, nama tamu, jabatan, maksud dan tujuan, saran dan kesan, dan keterangan. Format ini dibuat khusus untuk mempermudah dan menghemat waktu ditengah kesibukan para guru untuk memberikan pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Kemudahan yang diberikan adalah para guru hanya tinggal mengunduh format tersebut dan mengisinya sesuai kondisi yang terjadi. Tujuan dari penulis dalam artikel ini selain untuk membantu para guru dalam melakukan pendataan bagi setiap kunjungan, adalah untuk berkontribusi didalam dunia pendidikan, baik itu membantu mengoptimalkan kinerja guru maupun memberikan informasi yang valid seputar dunia pendidikan. Semoga dari apa yang sudah disajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat membantu para guru untuk mencetak lulusan – lulusan yang berkualitas, demi terciptanya sumber daya manusia yang unggul dalam ranah nasional maupun internasional.  Format BukuTamu Kelas

Comments

  1. SEGERA GABUNG SOB di caradapatuang-dariinternet.com/?id=saifulbahri

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak infonya........

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan artikel yang ditampilkan dalam blog ini saya tunggu artikel terbaru nya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang mendengar support dari Anda, terimakasih sudah berkunjung. Salam

      Delete

Post a Comment

Popular Posts