Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Semua Jenjang

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020

Segera miliki Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 untuk jenjang SD - SMA sederajat sebagai informasi terkini mengenai akreditasi atau penilaian pada setiap institusi pendidikan dimana tempat Bapak/Ibu mengabdi.

Adapun Akreditasi sebagaimana yang dimaksud diatas tidak lain adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan sebagai penilaian secara sistematis dan terukur terhadap suatu lembaga yang berkecimpung dalam dunia pendidikan seperti PAUD, TK, RA, SD, SMP, SMA, SMK sebagai parameter kelayakan dan bisa menjadi tolak ukur bagi para orang tua siswa dalam menentukan tempat belajar mengajar yang berkualitas.

Pada setiap kegiatan akreditasi tersebut setiap lembaga diwajibkan menyediakan semua syarat sebagai bentuk keabsahan untuk berpartisipasi dalam penilaian akreditasi, yang dimana untuk saat ini terdapat 4 (empat) standar yang dijadikan sebagai patokan dalam penilaiannya. Berikut ini ke empat standar tersebut:

  1. Mutu Lulusan
  2. Proses Pembelajaran
  3. Mutu Guru
  4. Manajemen Sekolah
Jika kita mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 pasal 9 ayat (2) huruf 6, dalam penyelenggaraan akreditasi sekolah/madrasah, BAN-S/M telah merumuskan kriteria dan perangkat akreditasi sekolah/madrasah untuk dijadikan rujukan kepada Mendikbud. Lalu pada pasal 16 ayat (1) tertulis bahwa Mendikbud mengesahkan kriteria dan perangkat akreditasi dengan berfokus pada Standar Nasional Pendidikan. Pengabsahan kriteria dan instrumen akreditasi sebagaimana yang tertulis pada pasal 16 ayat (1) ditujukan kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, setelah berkoordinasi dengan Dirjen terkait.

Berdasarkan itulah melalui artikel yang kami buat pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk meringankan beban Bapak/Ibu Guru dalam mempersiapkan dan menyediakan berkas instrumen yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat dalam berpartisipasi melaksanakan penilaian akreditasi untuk berbagai jenjang pendidikan.

Download Instrumen Akreditasi 2020 untuk SD, SMP, SMA, SMK (IASP)

Baiklah untukmempersingkat waktu, bagi anda yang membutuhkan instrumen tersebut untuk masing-masing jenjang pendidikan bisa langsung mengunduhnya sesuai lembaga sekolahnya pada deretan paragraf di bawah !

Instrumen Akreditasi SD 2020

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang Sekolah Dasar, bisa mendapatkan berkas instrumennya melalui tautan yang telah katulis sediakan di bagian bawah berikut ini:

Download – IASP (SD)


Instrumen Akreditasi SMP 2020

Sedangkan bagi SMP yang membutuhkan Instrumennya bisa langsung mengunduh filenya yang berformat PDF pada bagian di bawah:

Download – 1MB (SMP)

Instrumen Akreditasi SMA 2020

Begitupun dengan para Guru maupun Kepala Sekolah di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang membutuhkan instrumennya dapat segera download pada tautan berikut:

Download – 1MB (SMA)

Instrumen Akreditasi SMK 2020

Terakhir tidak ketinggalan, bagi Kepala Sekolah atau Guru di Sekolah Menengah Kejuruan yang kebetulan sedang mencari serta membutuhkan instrumennya bisa langsung mengambilnya melalui tautan ini:

Download – 1MB (SMK)

File Pendukung

PRESENTASI IASP 2020 Rakor – (dalam proses)
Materi Rakor 2 Paradigma – (dalam proses)
Pencabutan Kriteria Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 - (dalam proses)

Demikian beberapa hal yang bisa kami informasikan terkait informasi terkait dengan IASP 2020. Semoga apa yang kami berikan kepada Bapak/Ibu pada postingan kali ini bisa sedikit meringankan kinerja kepada Bapak/Ibu selaku tenaga pendidik dan abdi negara pembentuk tunas - tunas muda bangsa.

Dan juga tidak  lupa kami  berpesan kepada Bapak/Ibu sekalian, besar harapan kami pada Bapak/Ibu guru sekalian dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas - tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar - besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya.  Nantikan terus berkas - berkas administratif dan aplikasi pendidikan  lainnya hanya di gameseducationary.com. 

Comments

Popular Posts