Mengenal Lebih Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Versi Australian Curriculum

Ilustrasi Model Pembelajaran Inkuiri

Pada kesempatan kali ini gameseducationary akan memberikan sedikit referensi mengenai model pembelajaran yang sekiranya bisa menjadi metode yang bisa Bapak/Ibu selaku tenaga pengajar terapkan di sekolah  masing – masing. Referensi yang dimaksud adalah mengenai model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri pada umumnya dikenal  sebagai  bentuk pembelajaran aktif yang dimulai dengan mengajukan pertanyaan, masalah atau skenario - daripada hanya menyajikan fakta-fakta yang ada atau menggambarkan jalan yang mulus menuju pengetahuan. Proses ini sering dibantu oleh seorang fasilitator. Penanya akan mengidentifikasi dan meneliti masalah dan pertanyaan untuk mengembangkan pengetahuan atau solusi mereka. Pembelajaran berbasis pertanyaan termasuk pembelajaran berbasis masalah, dan umumnya digunakan dalam penyelidikan skala kecil dan proyek, serta penelitian.  Instruksi berbasis penyelidikan pada dasarnya sangat erat kaitannya dengan pengembangan dan praktik keterampilan berpikir.

Untuk lebih mengenal dan mendalami secara definitif apa itu model pembelajaran inkuiri, berikut secara lengkap akan dibahas secara garis besar mengenai efektifitas model  pembelajaran inkuiri versi Australian Curicullum.

Apa itu Model Pembelajaran Inkuiri? – Berdasarkan Karakteristik


Model pembelajaran Inkuiri adalah pendekatan konstruktivis dimana tujuan keseluruhannya adalah agar siswa dapat membuat makna. Sementara guru dapat memandu pertanyaan ke berbagai derajat (difasilitasi secara eksternal) dan menetapkan parameter untuk penyelidikan kelas, pertanyaan nyata yang dimotivasi secara internal.

Model pembelajaran inkuiri adalah istilah payung yang menggabungkan banyak pembelajaran saat ini pendekatan (termasuk pembelajaran berbasis proyek, pemikiran desain) dan dapat mengambil berbagai bentuk, tergantung pada topik, sumber daya, usia dan kemampuan siswa dan lainnya variable. Berikut ini adalah karakteristik yang berfungsi sebagai keunggulan pembelajaran berbasis inkuiri:

·        -  penekanan yang sama pada proses (berkomunikasi, mencerminkan, berkolaborasi, menganalisis, dll) dan konten.
·        -  keingintahuan, memprediksi, dan pertanyaan yang tulus (oleh para guru dan siswa)
adalah pusat
·        -  siswa 'suara' jelas - elemen dari kurikulum / pembelajaran dinegosiasikan
dan pertanyaan-pertanyaan siswa dianggap serius dan bisa diatasi
·        -  pengetahuan sebelumnya dipastikan dan dibangun di atas - penilaian formatif dan
perencanaan selanjutnya sangat penting
·        -  konsep-konsep penting dan pertanyaan-pertanyaan penting diidentifikasi yang menyatukan
pengetahuan dan pemahaman
·         - siswa secara aktif terlibat dalam membangun pemahaman melalui
pengalaman langsung, penelitian, pengolahan dan mengkomunikasikannya pemahaman dalam berbagai cara
·         - pembelajaran terjadi dalam konteks sosial - siswa saling belajar,
bersama dengan orang lain, dan dari mereka yang berada di luar konteks ruang kelas
·         - ada anggapan bahwa pemahaman bersifat sementara dan terus-menerus
ditinjau dan disempurnakan atas dasar pembelajaran dan pertanyaan baru - oleh karena itu
Pertanyaan bersifat ‘rekursif’
·         - refleksi, metakognisi dan kedalaman pemikiran dihargai dan direncanakan
·        -  penilaian adalah tautan kriteria berkelanjutan dan pertunjukan / produk untuk tujuan kurikulum yang jelas dan ketat
·         - belajar mengarah pada tindakan - memberi tahu / berbagi dengan yang lain, menerapkan perubahan, advokasi atau mengambil alih  pertanyaan atau pembelajaran lebih lanjut.

Proses Inkuiri

Ada banyak proses dan model untuk pembelajaran berbasis inkuiri,
muncul dari bidang disiplin (seperti pendekatan penyelidikan historis), kunci
pendidik dan kelompok pendidikan (seperti itu sebagai Integrasi Permintaan dari Kath Murdoch
model) atau pertanyaan yang lebih umum lainnya pendekatan, seperti Penelitian Tindakan.
Menggunakan model / proses tertentu bisa membantu dalam menyusun unit untuk implementasinya. Menjadi benar-benar berbasis inkuri, kebutuhan unit untuk mewujudkan keunggulan yang diidentifikasi sebelumnya (mungkin untuk menggunakan beberapa model ini dan masih memiliki unit yang diarahkan oleh guru di mana pertanyaan siswa terbatas).

Untuk  lebih detil silahkan kunjungi situs ini untuk menggali lebih dalam seputar model pembelajaran inkuiri versi Australian Curriculum.


Demikian yang bisa dipaparkan mengenai model pembelajaran inkuiri, semoga dengan apa yang tersaji pada postingan kali ini, bisa memberikan wawasan terkait metode pembelajaran yang cocok diterapkan di tempat anda mengajar. Terimakasih sudah berkunjung dan salam perubahan pendidikan.

Comments

Popular Posts