Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran STAD
Ilustrasi Model Pembelajaran STAD |
Pada kesempatan kali ini
gameseducationary akan mengulas mengenai salah satu jenis model pembelajaran
yang dinilai efektif dalam menjadi metode alternative dalam kelas yaitu metode
pembelajaran STAD atau lebih dikenal dengan Student teams-achievement divisions.
Model pembelajaran STAD merupakan strategi pembelajaran Kooperatif di mana
kelompok kecil pelajar dengan berbagai tingkat kemampuan bekerja sama untuk
mencapai tujuan pembelajaran bersama. Model pembelajaran STAD diinisiasi oleh Robert
Slavin dan rekan-rekannya di Universitas Johns Hopkins.
STAD dianggap sebagai salah
satu yang paling diteliti, sederhana dan mudah dari semua pembelajaran
kooperatif. Ini didirikan berdasarkan pemenuhan pengajaran pedagogi. Ini
digunakan dalam memenuhi tujuan instruksional yang terdefinisi dengan baik. Ini
adalah strategi pembelajaran di mana ada sekelompok kecil pembelajar dengan
berbagai tingkat kemampuan, di mana mereka semua berkumpul untuk mencapai
tujuan pembelajaran bersama.
Kelebihan Model Pembelajaran STAD
Dalam Student
Teams-Achievement Divisions (STAD) (Slavin, 1994a), siswa ditugaskan ke tim
belajar empat anggota yang dicampur dalam tingkat kinerja, jenis kelamin, dan
etnis. Guru memberikan pelajaran, dan kemudian siswa bekerja dalam tim mereka
untuk memastikan bahwa semua anggota tim telah menguasai pelajaran. Akhirnya,
semua siswa mengambil kuis individu pada materi, pada saat dimana mereka tidak
dapat saling membantu.
Nilai kuis siswa
dibandingkan dengan rata-rata sebelumnya, dan poin diberikan berdasarkan
tingkat di mana siswa memenuhi atau melampaui kinerja mereka sebelumnya.
Poin-poin ini kemudian dijumlahkan untuk membentuk skor tim, dan tim yang
memenuhi kriteria tertentu dapat memperoleh sertifikat atau penghargaan
lainnya. Dalam metode terkait yang disebut Teams-Games-Tournaments (TGT), siswa
bermain game dengan anggota tim lain untuk menambah poin ke skor tim mereka.
Kegiatan semacam ini
mengajarkan pada siswa untuk terfokus pada suatu materi atau objek dan mengukur kecakapan siswa dalam memecahkan
masalah dan hanya mengandalkan kerjasama tim. Sekaligus mengenalkan mereka
bahwa memecahkan masalah secara bersama – sama merupakan suatu keuntungan yang
bisa mereka dapatkan tanpa memandang latar belakang atau etnis dari tiap – tiap
anggota kelompok.
STAD dan TGT telah
digunakan dalam berbagai macam mata pelajaran, dari matematika hingga seni
bahasa hingga studi sosial, dan telah digunakan dari kelas dua sekolah dasar
hingga perguruan tinggi. Model pembelajaran STAD paling tepat untuk mengajarkan
tujuan yang terdefinisi dengan baik dengan jawaban tunggal yang tepat, seperti
perhitungan dan aplikasi matematika, penggunaan bahasa dan mekanika, geografi
dan keterampilan peta, serta fakta dan konsep sains. Namun, itu dapat dengan
mudah diadaptasi untuk digunakan dengan tujuan yang kurang terdefinisi dengan
memasukkan penilaian yang lebih terbuka, seperti esai atau pertunjukan.
Kelemahan Model Pembelajaran STAD
Namun model pembelajaran
STAD juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:
Membutuhkan waktu yang
relatif lebih lama bagi siswa, sehingga dirasakan cukup sulit untuk mencapai target
kurikulum.
Selain itu menyebabkan
banyak dari guru yang cenderung lambat dalam mengimplementasikan pengejarannya
dikelas karena faktor waktu tersebut umumnya guru kurang bergairah untuk menggunakan
pembelajaran kooperatif. Keterampilan khusus guru menjadi hal yang fundamental
dalam menerapkan model pembelajaran STAD ini sehingga tidak semua guru dapat
melakukan pembelajaran kooperatif. Dan yang
terpenting harus menumbuhkan sifat khusus dari tuntutan siswa agar bisa lebih
mudah dalam beradaptasi pada pengajaran model pembelajaran STAD ini, seperti
sifat cinta untuk bekerja bersama.
Demikian beberapa hal
penting terkait model pembelajaran STAD yang sekiranya bisa memberikan sedikit
referensi dan wawasan terkait model pembelajaran alternative yang bisa Anda
gunakan selaku tenaga pengajar. Semoga bermanfaat dan salam pendidikan!
Comments
Post a Comment