Download contoh format buku induk siswa k13 gratis

 format buku induk siswa k13

Pada kesempatan kali ini gameseducationary akan membagikan salah satu instrument penting terkait dokumentasi yang wajib dimiliki setiap tenaga didik di instansinya masing - masing. Instrument tersebut mencakup seluruh pencatatan riwayat pendidikan yang sudah ditempuh setiap peserta didik selama menjalani proses belajar mengajar di sekolah masing – masing, baik umum maupun madrasah. Instrument tersebut tidak lain adalah format buku induk siswa kurikulum 2013/k13. Format ini dinilai penting dalam pendataan para siswa karena bisa menjadi bukti permanen ditiap – tiap sekolah bahwa siswa yang bersangkutan pernah menjalani proses belajar mengajar.

Format ini tersusun berdasarkan standart penyusunan yang sudah disepakati otoritas tertinggi sekolah dan dinas terkait di daerah masing – masing sehingga bisa dipastikan, format ini sudah sesuai standar nasional dan berdasarkan rekomendasi dari Kemendikbud. Walaupun secara resmi format buku induk siswa K13 belum dikeluarkan oleh pusat, namun kami berinisiatif untuk menyusun format tersebut yang secara garis besar dilengkapi laporan penilaian permuatan sehingga sangat mudah dicerna dan dipahami oleh wali siswa.
Tampilan format buku Induk K13 sendiri tidak jauh berbeda pada buku induk pada umumnya. Terdapat dua hal pokok yang harus tercantum dalam format buku induk tersebut. Yang pertama adalah data siswa. Data siswa harus dilengkapi mulai dari tempat tanggal lahir, hingga identitas dan pekerjaan wali murid. Selain itu pada identitas diri siswa juga terdapat data kesehatan gigi dan lain sebagainya terkait kondisi motorik. Yang tidak kalah penting juga ada foto yang biasanya di ambil pada saat kelas 1, 4, dan 6.

Hal penting lainnya yang terdapat pada format buku induk k13 juga berisi tentang penilaian. Penilaian ini wajib dan penting adanya, Data yang telah diinput nantinya berfungsi untuk pengarsipan ulang ketika dokumen – dokumen penting untuk keperluan jenjang selanjutnya atau untuk melamar pekerjaan hilang atau tidak bisa terpakai karena faktor tertentu.

Mengenai format penilaian buku induk k13 ini sebenarnya sudah hampir sama dengan buku induk yang lain. Karena sekarang nilai yang tampil adalah nilai muatan. Mungkin hal yang perlu ditambah adalah KKM, predikat, dan K11 dan K12.




Bagi anda yang membutuhkan format tersebut bisa langsung anda unduh pada tautan yang tersedia dibawah. Perlu diketahui format tersebut tersusun dalam format cover, data siswa, dan penilaian yang digabung dalam format RAR yang dimana dibutuhkan aplikasi Winzip untuk mengestract format didalamnya. Semoga dengan apa yang sudah tersaji pada postingan kali ini bisa memberikan manfaat terkait kearsipan yang sekiranya krusial untuk dimiliki terutama  untuk pada tenaga didik dan seluruh instrument pendidikan di sekolah. Salam perubahan pendidikan!

Silahkan unduh format buku induk siswa k13 di SINI







Comments

Popular Posts