Buku Pedoman Kerja Pengawas SD dan SMP Tahun Ajar 2017/2018

Cover Buku Pedoman Kerja Pengawas SD dan SMP Tahun Ajar 2017/2018

Salah satu instrumen yang menunjang perkembangan dalam setiap proses belajar mengajar adalah pengawas sekolah. Untuk dapat mendukung kinerja pengawas sekolah agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik, pengawas sekolah wajib memahami dan menjalankan segala poin yang ada pada buku pedoman yang berlaku. Buku pedoman kerja pengawas sekolah menyediakan pokok materi yang harus dimengerti dan dipahami oleh setiap pengawas yang mencangkup kompetensi sosial, kompetensi penelitian pengembangan, Kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi supervise akademik, kompetensi supervise manajerial, dan kompetensi kepribadian.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini gameseducationary membagikan buku pedoman kerja pengawas untuk jenjang SD/Sederajat dan SMP/Sederajat melalui tautan yang tersedia.

Adapun poin – poin yang terdapat dalam panduan  kerja pengawas sekolah pendidikan dasar dan menengah, yaitu:
 
  1. Merencanakan pengawasan (program pengawasan dan sasaran kerja pegawai [SKP]                   Pengawas      Sekolah);
  2. Merencanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru/kepala sekolah;
  3. Melaksanakan pengawasan (program pengawasan dan SKP Pengawas Sekolah);
  4. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru/kepala sekolah;
  5. Melaporkan kegiatan pengawasan;
  6. Melaporkan kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru/kepala sekolah;
  7. Mengevaluasi hasil pelaksanaan pengawasan; dan
  8. Mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru/kepala sekolah.



Semoga dengan apa yang telah disajikan pada postingan kali ini, sedikit banyak dapat membantu kinerja profesi pengawas sekolah selama menjalani proses pengawasan agar tingkat kualitas pendidikan di tiap – tiap sekolah dapat terjaga dan mengalami peningkatan. Salam perubahan pendidikan!

Silahkan DOWNLOAD di SINI


Comments

Popular Posts