Peresmian Tugu Titik Nol Untuk Memperkuat Bukti Sejarah Islam Masuk Di Indonesia

Presiden Jokowi saat mendatangani peresmian tugu titik nol islam nusantara

Islam di Indonesia merupakan Islam yang dikenal moderat oleh dunia, selain mendapat julukan Negara dengan mayoritas muslim terbesar, Indonesia juga dikenal dengan keramahan yang dilakukan oleh mayoritas muslimnya. Islam di Indonesia juga terkenal dengan budaya toleransinya, mengingat ada berbagai macam agama yang ada di Indonesia, kemoderatan Islam di Indonesia menjadi perekat keragaman yang ada di Indonesia.

Sejarah panjang Islam di Indonesia sendiri, tidak lepas dari peran pedagang Arab yang datang ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Berdasarkan sejarah yang panjang itu, dalam kunjungannya di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Presiden Jokowi ditemani  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara yang terletak di pinggir pantai Barus . Sebagai simbol peresmian, Presiden dan Mendikbud Muhadjir Effendy bersama-sama menekan tombol sirine tanda diresmikannya tugu itu.

Sebelum meresmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara, Presiden Jokowi pun menyampaikan sebuh pesan persatuan. "Saya titip, mengingatkan kita semua bahwa bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku dan agama. Suku saja ada 714 suku. Kita ini beragam. Anugerah yang diberikan Allah. Kalau kita damai akan jadi kekuatan besar, potensi besar," kata Presiden Jokowi.
Peresmian Tugu Titik Nol peradaban Islam Nusantara ini semakin membuktikan bahwa Islam masuk dengan cara damai, untuk masyarakat hidup dalam kedamaian, maka dari itu hendaknya Islam menjadi pelopor perdamaian yang bisa menjadi potensi besar untuk kemajuan bangsa ini. Jangan ada lagi perpecahan yang disebabkan oleh sentimen agama yang dimana Indonesia mempunyai sejarah kelam dalam menghadapi konflik yang berdasarkan sentimen agama.


Harapan besar Presiden, dalam kunjungannya ke Barus dan peresmian Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara di Barus agar masyarakat tidak melupakan sejarah yang ada di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah. "Dengan mengucap bismillah, Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara saya resmikan," ucapnya.

Semoga dengan artikel ini, seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda bisa lebih mengenal identitas Negara kita melalui sejarah yang membentuk NKRI hingga sampai saat ini. Salam perubahan pendidikan!

sumber: Kemdikbud

Comments

Popular Posts