Aplikasi ALPEKA (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

Aplikasi laporan pertanggungjawaban keuangan BOS tingkat sekolah atau yang di singkat ALPEKA merupakan aplikasi berbasis excel yang berfungsi untuk mengefisiensikan dan memudahkan kinerja sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah. Sebelumnya gameseducationary juga telah membagikan Juknis (petunjuk teknis) BOS untuk mengedukasi pemegang kepentingan di sekolah bahwa transparansi dalam mengelola dana BOS teramat sangat penting agar dana BOS tepat sasaran dan tepat guna (Baca di Sini). Pada kesempatan kali ini gameseducationary akan membagikan aplikasi yang bisa di sinergikan dengan juknis tersebut untuk membantu proses transparansi dalam mengelola dana BOS.

ALPEKA ini  dikembangkan atas kontribusi program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini berguna untuk memberikan kemudahan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan.
Jika kita mengacu pada Juknis BOS 2017, ada 11 komponen administrasi BOS pada SD/SDLB dan SMP/SMPLB yang bisa di lihat pada gambar di bawah:


Tampilan ALPEKA


Lebih lengkapnya alpeka BOS terbaru ini bisa Bapak/Ibu unduh pada link yang tersedia di bawah ini. Semoga dengan apa yang sudah disajikan pada artikel ini, bisa bermanfaat demi kepentingan pendidikan di Indonesia. Salam perubahan pendidikan!

Silahkan download ALPEKA di SINI


Comments

Popular Posts