Pendidikan Budaya Sebagai Penggerak Pembangunan Nasional


World Culture Forum
Gameseducationary – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar acara Forum Budaya Dunia, World Culture Forum (WCF) yang akan diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada tanggal 10-14 Oktober 2016. Acara ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengajak seluruh elemen pendidikan untuk bersama – bersama memperkenalkan lebih dalam mengenai budaya sebagai parameter untuk pembangunan nasional. Tema acara tersebut adalah Culture for an Inclusive Sustainable Planet.

Tujuan dari acara ini sebagaimana yang dikatakan oleh panitia penyelenggara acara perwakilan dari Kemendikbud Azyumardi Azra bahwa, pengimplementasian kebijakan dunia harus berasal dan berdasar dari kebudayaan setempat.

Azra menambahkan bahwa peran Indonesia sebagai tuan rumah dalam acara ini juga sekaligus menjadikan Indonesia menjadi Role of Model dari keragaman budaya yang berjalan harmonis dari masa ke masa.
Selain itu, Forum WCF ini juga sebagai wadah bagi para partisipan untuk saling berinteraksi dan bertukar wawasan mengenai masing – masing budaya yang terdapat di tiap – tiap negara peserta.

Poin pencapaian dari penyelenggaraan forum ini adalah budaya mendapatkan posisi dalam pembangunan. Selama ini pembangunan selalu identik dengan pertumbuhan ekonomi dan Politik.


Acara ini akan dihadiri 65 negara dengan estimasi peserta sebanyak 1.500 partisipan dan diawali dengan pembukaan dari Presiden Joko Widodo. Acara ini juga terbuka untuk akademisi, LSM, pelaku seni dan masyarakat umum.

Sumber: Republika

Comments

Popular Posts