Penghapusan Tunjangan Guru Tidak Mungkin di Lakukan

Mendikbud Muhadjir Effendy

Gameseducationary – Wacana penghapusan tunjangan guru yang baru – baru ini terdengar paska pergantian Menteri pendidikan dan Kebudayaan, dibantah oleh Dewan Pertimbangan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Abduhzen. Beliau menerangkan bahwa tunjangan Profesi Guru (TPG) tidak akan dihapus selama belum pembaharuan regulasi. Ia pun menjamin info soal peniadaan TPG oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah salah.

Abduhzen juga menyatakan bahwa, sistem pembayaran TPG guru seharusnya disamakan dengan dosen. Dengan kata lain, prosedur pembayaran TPG bisa bersamaan waktunya dengan pencairan gaji pokok.
Abduhzen menilai, sistem seperti itu sudah diimplementasikan di lingkungan dosen sedangkan guru belum. Bahkan, pencairan TPG guru acapkali mengalami keterlambatan karena beberapa faktor.

Hal itu juga dikuatkan oleh Mendikbud yang baru Muhadjir Effendy bahwa tidak ada penghapusan tunjangan guru seperti apa yang di viralkan di media sosial. Mendikbud menekankan bahwa kebijakan – kebijakan yang telah diimplementasikan baik melalui Permendikbud maupun keppres untuk kesejahteraan guru merupakan amanat yang harus terus dilaksanakan.


Sumber: Republika

Comments

Popular Posts