Ketidakmerataan Distribusi Guru Menjadi Masalah Pendidikan Nasional

Mendikbud - Muhadjir Effendy

Gameseducationary – Kita sering melihat dan berasumsi bahwa di daerah – daerah terpencil yang mengalami ketertinggalan dalam sektor pendidikan, merupakan kurangnya tenaga pengajar di Indonesia. Bahkan masyarakat menilai, Kementerian pendidikan dan kebudayaan kesulitan menambah kuota Guru sehingga sulit menjangkau daerah – daerah terpencil. Namun, hal itu dibantah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Muhadjir Effendy. Beliau menjelaskan bahwa Indonesia tidak kekurangan Guru, melainkan pendistribusian Guru yang tidak merata. 

"Setelah saya pelajari, masalah kekurangan guru yang terjadi di daerah-daerah itu adalah distribusinya. Ada daerah yang jumlah gurunya berlebih dan ada yang masih kekurangan, namun daerah yang berlebih tidak ingin gurunya dikurangi. Sebenarnya akar masalahnya ada di distribusi," Jelas Muhadjir.

Effendy juga menekankan bahwa untuk bagian pemberian pangkat, pemberian gaji dan pengakomodasian tunjangan memang menjadi otoritas pemerintah pusat. Namun, untuk masalah regulasi pendistribusian guru adalah otoritas masing-masing daerah.

Masalah pendistribusian yang tidak merata inilah yang menurut Mendikbud merupakan akar permasalahan kurangnya guru di daerah. Namun ia mengaku masih belum mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah ini.

Sumber: Republika


Comments

Popular Posts