Mengenal Sosok Muhadjir Effendy Sosok Mendikbud Yang Baru

Muhadjir Effendy

Gameseducationary – Reshuffle kabinet jilid 2 kini juga mencangkup ranah pendidikan. Pemerintah telah resmi menggantikan beberapa menteri yang dianggap belum memenuhi target kinerja, salah satunya adalah Kementerian pendidikan. Muharidj Effendy adalah tokoh yang menggantikan Anies Baswedan dalam mereposisi jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dikalangan dunia Pendidikan sosok Muharidj Effendy dikenal sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Malang, sekaligus dosen di sana. Selain berkecimpung di dunia akademisi, Effendy juga seorang intelektual Muslim yang aktif dalam menjalankan organisasi Islam terbesar Modern di Indonesia yaitu, Muhammadiyah.

Di sela – sela kegiatan sebagai Rektor, Dosen, dan pengurus Muhammadiyah, Effendy juga aktif menulis dan sudah menerbitkan hasil karya tulisannya yang sudah banyak dicetak pada kolom-kolom media massa, jurnal ilmiah, hingga buku. Kepiawaian dalam dunia jurnalistik Effendy telah ia asah sejak mengemban sebagai seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Sosial di Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 1978.

Karya Ilmiah yang telah dipublikasi oleh beliau adalah Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan tahun 1989, Bunga Rampai Pendidikan tahun 1992, Masyarakat Equilibrium: Meniti Perubahan dalam Bingkai Keseimbangan tahun 2002, Pedagogi Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Multidimensional tahun 2004, Profesionalisme Militer: Profesionalisme TNI tahun 2008, dan Jati Diri dan Profesi TNI: Studi Fenomenologi tahun 2009.

Gelar yang telah beliau dapat yaitu magister yang diperoleh dari bidang Administrasi Publik di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta pada tahun 1996 dan gelar Doktor dalam bidang Ilmu Sosial di Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 2008. Beliau juga mempunyai pengalaman mengeyam pendidikan singkat atau kursus di luar negeri, tepatnya di National Defense University, Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 1993 dan di Victoria University, Kanada pada tahun 1991.

Selain pengalaman – pengalaman akademik dan organisasi Muharidj Effendy diatas, beliau juga dipercaya sebagai penasihat sekaligus pembina pada beberapa lembaga seperti Badan Narkotika Nasional (BNN), Perhimpunan Wartawan Indonesia (PWI), Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), dan beberapa lembaga lainnya.

Sumber: CNN


Comments

Popular Posts