Satu Triliun, Empat Program, 1 Tujuan

Menteri Pendidikan Anies Baswedan

Gameseducationary – Begitu pentingnya peran pendidikan sebagai parameter dari kualitas sumber daya manusia untuk pembangunan negara, Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan penambahan anggaran 1 triliun di sektor pendidikan akan sangat berpengaruh terhadap pendidikan siswa dan kesejahteraan Guru.

Anies berpendapat bahwa, dana anggaran Kemendikbud ‎di RAPBNP 2016, terdapat empat program utama. Untuk pengalokasian anggaran yang pertama, akan digunakan pada program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp 47,114 miliar.

Seperti halnya dukungan manajemen yang diperuntukkan bagi sekolah Indonesia di Singapura yang masih membutuhkan perluasan lahan.

“Dengan dukungan alokasi anggaran ini diharapkan kami bisa menambahkan pelayanan bagi para siswa, khususnya bagi tenaga kerja Indonesia yang banyak mengambil program kesetaraan, sehingga masih banyak membutuhkan dukungan peningkatan mutu pendidikan,” tutur Mendikbud, Senin (27/6).
Lalu untuk pengalokasian dana yang kedua sebesar Rp 356 milyar, Pemerintah menargetkan pada penyediaan sarana dan prasarana pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
“Kami berharap di daerah-daerah yang selama ini jangkauannya sulit, akan coba kami bantu dengan akses teknologi informasi agar tidak tertinggal pembelajarannya dengan daerah lain,” ungkap Mendikbud.
Pada pengalokasian dana ketiga yang sebesar Rp 50 Milyar, sasaran pemerintah yaitu peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan Masyarakat, yang dikhususkan pada peningkatan mutu pelayanan dan pendidikan kesetaraan dan les/kursus.
Pendidikan Kesetaraan sangat penting ditingkatkan mutu pendidikannya untuk menjangkau adik-adik kita yang sangat membutuhkan pelayanan pedidikan kesetaraan, khususnya di daerah yang sulit terjangkau,” jelas Mendikbud.

Dan pengalokasian dana yang terakhir sebesar Rp 546 Milyar, akan digunakan sebagai pengimplementasian Program Guru dan Tenaga Kependidikan.
“Penambahan alokasi anggaran ini akan digunakan untuk memenuhi kekurangan tunjangan profesi guru di program guru dan tenaga kependidikan, untuk kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan,” Tambah Anies.
Jika ke empat pengalokasian dana anggaran tersebut bisa tepat sasaran dan berjalan dengan sinergis, diharapkan dalam jangka waktu enam bulan kedepan, pendidikan Indonesia akan memasuki masa – masa keemasan dan membawa perubahan bagi wajah pendidikan Indonesia, baik secara nasional maupun Internasional.

Sumber: JPNN


Comments

Popular Posts