Pendidikan Yang Berkualitas, Akan Menjadikan Manusia Berkualitas

AniesBaswedan

Gameseducationary - Pemerintah melalui kementerian pendidikan beserta jajarannya mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dengan baik dan terjamin. Menurut penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, pendidikan harus ditunaikan di sektor manapun dalam skala nasional.

Sejak berlakunya otonomi daerah pada tahun 2001 silam, daerah pun menjalankan tugas dalam sektor pendidikan. “Pendidikan pun menjadi kewajiban daerah termasuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM),” terang menteri Anies dalam sambutan peluncuran film series web MURID5, pada Rabu (1/6).

Sementara pemerintah pusat berkewenangan dalam memastikan pendidikan berjalan dengan baik dari Aceh hingga Papua termasuk menjangkau di daerah pegunungan serta pesisir. Hal ini tentu menjadi indikator, bahwa setiap anak memang harus mendapatkan hak pendidikan terutama mendapatkan SPM yang sama tanpa memandang status dan derajat.

Anies juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang dinilai sungguh - sungguh mampu menuntaskan tugasnya. Daerah-daerah tersebut akan bisa menjadi contoh terlebih lagi yang SPM-nya mencangkup setiap anak di daerah tersebut. “Kalau ada kemauan untuk memenuhi SPM pasti akan jalan,” singkatnya.

Anies menilai pembenahan SPM jelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pendidikan. Jika kualitas pendidikan baik, dia yakin kualitas manusia pun akan berubah lebih baik lagi.


Pada kesempatan yang sama, Anies juga mengatakan perihal peluncuran film series web MURID5. Film ini merupakan cerminan permasalahan pendidikan yang perlu dibenahi bersama secara sinergi. “Kalau serius dan sinergi, masalah akan dapat diselesaikan,” terang dia

Comments

Popular Posts