“Semua Murid Semua Guru” Supaya Jadi Pembelajar, Tema Puncak perayaan Hardiknas 2016

sumber:www.kemdikbud.go.id

Gameseducationary -  Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 pada puncaknya dirayakan di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan di Mal FX Sudirman Jakarta, pada Minggu (29/5/2016). Acara ini didukung dan dimeriahkan oleh berbagai pementasan yang ditampilkan oleh pelajar sekolah hingga aktivis pendidikan. Disamping itu, dalam rangkaian acara tersebut juga disertai pemberian penghargaan bagi para pegiat pendidikan.
 Dengan poin tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak masyarakat yang hadir untuk menyalakan kembali semangat pendidikan. “Semangat pendidikan adalah berhenti mengutuk kegelapan. Nyalakan pelita. Lalu insya Allah pelita yang menyala, pendidikan yang membukakan perspektif akan membuat cita-cita muncul,” ujar Mendikbud.

Selama bulan Mei, yang dirayakan dan diperingati sebagai bulan pendidikan dan kebudayaan (Bulan Dikbud), terdapat variasi tema di setiap minggunya. Untuk di minggu terakhir ini, temanya adalah “Semua Murid, Semua Guru”, yang bermakna kita semua adalah murid dan juga kita semua adalah guru. Atas dasar tema tersebut, Menteri Anies mengajak kita semua untuk menjadi “pembelajar”.

“Kalau kita jadi pembelajar, maka  insya Allah bangsa ini akan maju berkembang. Karena semuanya akan menggunakan apa yang dijalani menjadi pengalaman, apa yang dijalani menjadi hikmah, dan apa yang dijalani menjadi pengetahuan bagi semua,” sambungnya.

Terakhir, Mendikbud menyampaikan pesan agar kita mengubah pola pikir tentang menyumbangkan kepada Indonesia, tetapi mengembalikan kepada Indonesia, karena kita telah menerima banyak dari Indonesia. “Dari Indonesia kita terdidik, dari Indonesia kita tercerdaskan, dari Indonesia kita tersejahterakan,” tegas Mendikbud. Beliau juga mengajak agar di bulan-bulan berikutnya, kehadiran dan kegiatan kita sebagai warga negara adalah dalam rangka mengembalikan untuk Indonesia.


Selain mempartisipasikan pihak internal Kemendikbud, puncak peringatan Hardiknas 2016 juga  mengikutsertakan 108 komunitas pendidikan yang bekerja sama dengan Kemendikbud, termasuk mempersiapkan acara puncak Bulan Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan di dua lokasi, yaitu kantor Kemendikbud dan Mal FX Sudirman.

Sumber: Kemdikbud

Comments

Popular Posts