Mengajar Dengan Melakukan (Teaching by Doing)

Terkadang sebagai orang tua ataupun guru, mengajar dengan teori dan memaksa anak kita untuk paham merupakan sebuah metode yang lazim dilakukan. Tidak jarang kita menggunakan hukuman verbal bahkan hukuman fisik jika anak yang kita didik, lambat dalam menangkap apa yang kita jelaskan. Dan banyak studi yang membuktikan bahwa mendidik dengan menggunakan teori atau verbal sangat kurang efektif, mengingat kapasitas otak anak belum siap untuk menampung berbagai macam teori. Maka dari itu sebagai orang tua dan guru yang ingin membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih efektif, sebaiknya metode dalam mendidik anak dilakukan dengan cara “by doing” atau dengan melakukan. Dengan metode “by doing”  anak hanya akan tinggal meniru apa yang dilakukan oleh subjek pendidik yang dalam hal ini adalah orang tua dan Guru.
Salah satu adegan video learning by doing

Untuk lebih bisa memahami bagaimana metode “by doing”  ini bekerja, silahkan disimak video inspiratif berikut yang menceritakan seorang kisah nyata seorang anak yang berhasil lulus perguruan tinggi dengan predikat cum laude yang karena sejak kecil, orang tuanya selalu menerapkan metode “by doing”. Silahkan simak video berikut.

Semoga video diatas bisa menginspirasi dan menjadikan metode “by doing” sebagai metode inti dalam mendidik anak secara efektif. Salam perubahan pendidikan!


Comments

Popular Posts