Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam rencana untuk membangun sebuah bangunan, baik itu bangunan sekolah, tempat ibadah, gedung instansi, maupun rumah tinggal, tentu ada beberapa langkah yang harus disusun agar pembangunan berjalan lancer dan cepat berfungsi. Salah satu perencanaan tersebut dan merupakan hal terpenting dalam melakukan pembangunan adalah perencanaan anggaran biaya. Setidaknya ada beberapa langkah dalam menyusun rencana anggaran biaya, yaitu:

1.     Menetapkan jumlah total biaya pekerjaan yang menguraikan masing masing item pekerjaan yang akan dibangun. Contoh biaya kuli, biaya material, dan lain – lain.
2.     Menetapkan Daftar dan Jumlah Material yang dibutuhkan. Dalam RAB harus dipastikan jumlah masing masing material disetiap komponen pekerjaan. Jumlah material didasarkan dari volume pekerjaan
3.     Menjadi landasan untuk penunjukan/ pemilihan kontraktor pelaksana. Berdasarkan RAB yang ada , maka akan diketahui jenis dan besarnya pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dari RAB tersebut akan kelihatan pekerja dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan.
4.     Peralatan peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan akan diuraikan dalam estimasi biaya yang ada.
Tampilan Aplikasi RAB
Untuk dapat melakukan perencanaan seperti keempat poin diatas, kali ini gameseducationary akan membagikan kepada Bapak/Ibu sebuah Aplikasi rencana anggaran biaya yang berbasis excel yang kiranya dapat membantu Bapak/Ibu untuk melakukan perincian anggaran biaya pembangunan gedung atau mau merenovasi gedung, baik gedung sekolah, instansi dan lain sebagainya. Untuk mengunduh Aplikasi rencana anggaran biaya tersebut, Bapak/Ibu bisa mengunduhnya pada link dibawah paragraph ini. Semoga dari apa yang telah disajikan pada artikel ini, sedikit banyak dapat memperringan kinerja Bapak/Ibu dalam membangun sebuah bangunan yang berkualitas. Jika ini dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk share untuk berbagi manfaat. Salam perubahan pendidikan!

SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI


Comments

Popular Posts