Metode Pengajaran Efektif
Pada
artikel sebelumnya, sering disinggung mengenai metode pengajaran yang merupakan
salah satu kinerja strategis yang dilakukan oleh setiap tenaga pengajar demi
memberikan pembelajaran terbaik kepada peserta didik. Setiap metode mengajar
pasti memiliki keunggulan dan kelemahan yang khas. Namun, pada kenyataan ini tidak
bisa dijadikan pernyataan “mengapa seorang Guru gagal dalam menjalankan
tugasnya sebagai pengajar”
Metode
mengajar merupakan salah satu strategi yang harus ada dalam kegiatan
pembelajaran. Pada dasarnya metode mengajar ini merupakan cara atau teknik yang
digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses
pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui beberapa metode pembelajaran yang
dinilai efektif dan telah dipraktekkan oleh setiap Guru ditiap – tiap sekolah
luar negeri, silahkan ditelusuri melalui link ini,
Ilustrasi implementasi metode pengajaran |
Ada
beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode mengajar yang
berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa, diantaranya:
a. Metode mengajar harus memungkinkan dapat
membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran.
b. Metode mengajar harus memungkinkan dapat
memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni.
c. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
belajar melalui pemecahan masalah.
d. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu.
e. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
untuk melakukan penemuan terhadap suatu topic permasalahan.
f. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
mampu menyimak.
g. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
untuk belajar secara mandiri.
h. Metode mengajar harus memungkinkan siswa
untuk belajar secara berkerja sama.
i. Metode mengajar harus memungkinkan
siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.
Prinsip-prinsip
tersebut dalam prosesnya merupakan esensi dan karakteristik dari masing-masing
metode-metode mengajar.
Penggunaan
metode mengajar dalam pembelajaran ditinjau dari segi prosesnya memiliki
fungsi-fungsi sebagai berikut:
a. Sebagai alat atau cara untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
b. Sebagai gambaran aktivitas yang harus
ditempuh oleh siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran.
c. Sebagai bahan pertimbangan dalam
menentukan alat penilaian pembelajaran.
d. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan
bimbingan dalam kegiatan pembelajaran.
Memperhatikan
beberapa prinsip dan fungsi metode mengajar di atas, tingkat kepentingan metode
belajar ini sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Oleh karena itu, guru dalam melaksanakan pembelajaran harus secara taktis,
dinamis, kritis dan kreatif dalam menentukan metode apa yang harus digunakan
untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien. Semoga dengan
apa yang telah disajikan pada artikel ini, sedikit banyak bisa berkontribusi
demi kemajuan Guru – Guru Indonesia.melihat metode pengajaran
Comments
Post a Comment