Metode Pengajaran Efektif

Pada artikel sebelumnya, sering disinggung mengenai metode pengajaran yang merupakan salah satu kinerja strategis yang dilakukan oleh setiap tenaga pengajar demi memberikan pembelajaran terbaik kepada peserta didik. Setiap metode mengajar pasti memiliki keunggulan dan kelemahan yang khas. Namun, pada kenyataan ini tidak bisa dijadikan pernyataan “mengapa seorang Guru gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar”

Metode mengajar merupakan salah satu strategi yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya metode mengajar ini merupakan cara atau teknik yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui beberapa metode pembelajaran yang dinilai efektif dan telah dipraktekkan oleh setiap Guru ditiap – tiap sekolah luar negeri, silahkan ditelusuri melalui link ini, 

Ilustrasi implementasi metode pengajaran
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode mengajar yang berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa, diantaranya:
a.       Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran.
b.      Metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni.
c.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
d.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu.
e.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan terhadap suatu topic permasalahan.
f.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak.
g.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri.
h.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara berkerja sama.
i.        Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.
Prinsip-prinsip tersebut dalam prosesnya merupakan esensi dan karakteristik dari masing-masing metode-metode mengajar.
Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran ditinjau dari segi prosesnya memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
a.       Sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b.      Sebagai gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran.
c.       Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian pembelajaran.
d.      Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran.

Memperhatikan beberapa prinsip dan fungsi metode mengajar di atas, tingkat kepentingan metode belajar ini sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dalam melaksanakan pembelajaran harus secara taktis, dinamis, kritis dan kreatif dalam menentukan metode apa yang harus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien. Semoga dengan apa yang telah disajikan pada artikel ini, sedikit banyak bisa berkontribusi demi kemajuan Guru – Guru Indonesia.melihat metode pengajaran

Comments

Popular Posts