Berkas Operator Sekolah Referensi Silabus

Pengertian Silabus sendiri adalah rencana(planning) pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Prinsip pengembangan silabus sendiri terdiri dari beberapa indicator yang meliputi:
v  Aktual dan Kontekstual
Skala cakupan indikator, materi pokok, pengalaman pembelajaran, sumber pembelajaran, dan sistem penilaian sebaiknya memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
v  Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademis dan sains.
v  Relevan
Cakupan, keterlibatan konteks dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
v  Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi varietas peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
v  Memadai
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
v  Sistematis
Komponen-komponen silabus  harus saling ada keterkaitan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
v  Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten yang mencakup antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

Dari apa yang telah dijelaskan diatas mengenai pentingnya pemahaman dan implementasi dari silabus tersebut, Bapak/Ibu tenaga pengajar bisa mengunduh berkas – berkas silabus yang bisa dijadikan referensi untuk perencanaan strategis dalam memasuki tahun ajaran baru: Berikut adalah link yang bisa di unduh:


Gambaran Silabus


Mengingat penting dan prosentase keefektifan silabus inilah, kami sangat berinisiatif untuk membantu kinerja guru dalam membuat perencanaan strategis untuk memasuki tahun ajaran baru yang tentunya harus dipersiapkan secara matang. Semoga dari apa yang telah kami sajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat memberikan kontribusi kepada para tenaga didik dalam pengabdiannya membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
 download silabus di bawah ini


Comments

Popular Posts