Aplikasi soal latihan UKG (berdasarkan referensi soal - soal UKG 2013)

Ujian Kompetensi Guru (UKG) sudah dekat, tentunya segala persiapan sudah harus dimatangkan dan seyogyanya evaluasi dari penyelenggaraan UKG tahun sebelumnya juga harus dikaji secara berkala. Pada prinsipnya tujuan utama diselenggarakannya UKG adalah untuk memetakan kompetensi guru, setelah itu akan ada pelatihan yang akan diberikan, dan merupakan ujian terhadap penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik di dalam ranah kognitif, sebagai dasar penetapan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan bagian dari penilaian kinerja guru. Penyelenggaraan UKG 2015 berlangsung pada tanggal 9-27 November 2015.
Banyak yang berfikiran bahwa UKG akan memutuskan tunjangan profesi  bagi mereka yang dinyatakan belum berhasil menyelesaikan soal ujian dengan baik, padahal jika kita baca kembali dan membuat garis besar berdasrkan proposisi diatas, yaitu tujuan UKG adalah:
·         Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

·         Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.
Pada 2 point diatas tidak ada indikasi pemerintah akan menghentikan atau memutuskan tunjangan profesi bagi mereka yang dinyatakan belum sukses mengikuti Ujian, jadi lebih baik kita optimis atau berfikiran positif saja, semoga pemerintah memberikan jalan terbaik itu kepada bapak ibu guru yang sudah bersertifikasi. Informasinya bahwa Uji kompetensi guru ini akan menjadi agenda rutin pemerintah untuk mengetahui level kompetensi setiap guru yang ada di seluruh Indonesia. Karena itu, uji kompetensi guru wajib diikuti semua guru sekolah negeri dan swasta. Maka dari itu, pda artikel ini, kami menyajikan link yang bisa bapak/ibu unduh, yaitu berupa aplikasi soal – soal latihan UKG yang bisa dijadikan referensi sekaligus pengkajian dan latihan PraUkG. Berikut adalah link yang bisa bapak/ibu unduh:


Aplikasi pendukung UKG
Aplikasi tersebut dibuat khusus sesuai dengan kondisi pada pelaksanaan UKG atau dengan kata lain sebagai instrument simulasi penyelenggaraan UKG. Untuk lebih jelasnya bapak/ibu bisa unduh pada link yang sudah disediakan. Semoga dari apa yang sudah disajikan pada artikel ini, sedikit banyak dapat membantu bapak/ibu guru dalam pengabdiannya menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Aplikasi soal – soal latihan UKG

Comments

Popular Posts