Aplikasi Penilaian Kinerja Guru

Dalam setiap negara yang memiliki predikat maju maupun berkembang, tentunya memiliki instrument – instrument yang menunjang kualitas mobilitas yang terdapat dalam negara itu. Instrumen dalam negara bermacam – macam, baik dari segi sumber daya manusianya atau sumber daya alamnya. Kedua contoh instrument tersebut tidak akan bisa menunjang potensi dalam negara seutuhnya jika tidak ada sinergitas yang terjalin diantara keduanya. Sumber daya manusia yang unggul tidak akan produktif jika sumber daya alamnya minim, dan sebaliknya jika sumber daya alam berlimpah namun tidak ada yang mengolah karena sumber daya manusianya tidak produktif. Sumber daya manusia yang unggul dan produktif, tidak lepas dari peran Guru. Di tiap – tiap negara, guru menjadi garda terdepan untuk pembentukan kualitas – kualitas sumber daya manusia melalui pengajaran – pengajaran yang dinilai efektif dan efisien. Tentunya untuk menjadi Guru atau tenaga pengajar tidak lepas dari pelatihan dan evaluasi dari hari ke hari sehingga peran guru tidak hanya sebatas mengajar, namun sebagai parameter sumber daya manusia yang berkualitas.

Menanggapi hal tersebut, sebagai instrumen yang dinilai sebagai peningkatan kualitas dalam suatu negara, kemampuan seorang guru atau tenaga pengajar harus dinilai secara bertahap, baik dari segi metode pengajaran, keteladanan, kedisiplinan, dan pencapaian yang sudah menjadi target dalam agenda masing – masing Guru. Maka dari itu, pada artikel ini, kami menyediakan tautan yang bisa Bapak/Ibu unduh yang dimana tautan tersebut berisi aplikasi PKG (Penilaian Kinerja Guru).

Tampilan Aplikasi PKG
 Aplikasi ini biasanya digunakan pada sekolah yang mempunyai peranan penting dalam bidang penilaian produktivitas terhadap kinerja Guru. Contoh program sistem pendukung keputusan sangat banyak sekali yang bisa di terapkan kedalam sebuah persoalan. Software sistem pendukung keputusan dapat digunakan sebagai alat atau sarana menentukan keputusan terbaik pada sebuah penilaian. PKG (Penilaian Kinerja Guru) saat ini menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat bagi guru PNS, hingga untuk keperluan validasi bagi guru yang bersertifikasi pendidik. Instrumen PKG terdiri dari : Guru Kelas (mata pelajaran), Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium (bengkel), Kepala Perpustakaan, Ketua Program Keahlian, dan PKG untuk Konselor (Guru BK / Bimbingan Konseling). Semoga dari apa yang telah disajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat berkontribusi untuk peningkatan sumber daya manusia melalui jalur edukasi. Aplikasi Penilaian Kinerja Guru

Comments

Popular Posts