Contoh Media, Alat Peraga/Alat Bantu Pelajaran

Dalam proses belajar mengajar, banyak cara dilakukan untuk optimalisasi penyampaian materi yang diambil dari kurikulum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan menerapkan sebuah metode. Metode bisa dilakukan bermacam – macam sesuai dengan kreatifitas yang diimplementasikan dan dinilai efektif. Salah satu metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan media, alat peraga/alat bantu pelajaran. Tidak semua siswa/siswi dapat menyerap dan menerapkan teori secara komprehensif, sehingga perlu adanya media yang dapat membantu siswa/siswi untuk menggambarkan teori yang dinilai rumit maupun asing diketahui. Media dan alat peraga bisa bermacam – macam, dan yang paling sering digunakan di sekolah yaitu OHP(Over head Projector) atau di beberapa sekolah sudah mulai menggunakan perangkat smartphone atau tab untuk lebih mengefisiensikan proses belajar mengajar sehingga siswa tidak perlu membawa buku yang begitu banyak.


Menyikapi hal tersebut, pada kesempatan kali ini, kami menyajikan sebuah link unduh yang berisi sebuah format untuk mendata setiap media dan alat peraga yang terdapat di sekolah yang Bapak/Ibu kelola. Berikut adalah link yang bisa Bapak/Ibu unduh.



Contoh format media dan alat peraga


Format tersebut terdiri dari 6 kolom yang berisi kolom nomor, mata pelajaran, jenis alat bantu, nama pembuat, cara perolehan, kuantitas barang. Adapun baris yang terdapat pada format, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Format tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran dengan media dan alat bantu, serta untuk memberikan sedikit kontribusi didalam dunia edukasi. Seiring dengan pesatnya teknologi dan modernisasi, pendidikan dan pemanfaatan teknologi harus terjalin secara sinergi, sehingga proses belajar mengajar menjadi semakin beresensi dan berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas tentunya dapat menghasilkan lulusan – lulusan yang berkualitas pula, sehingga para lulusan dapat bersaing didalam tingginya standar perusahaan untuk merekrut sumber daya manusia yang unggul. Semoga dari apa yang telah kami sajikan pada artikel ini, sedikit banyak dapat berkontribusi demi meningkatkan efisiensi guru dalam pengabdiannya mencetak sumber daya manusia yang berintegritas dan berdaya saing. format media, alat peraga/alat bantu pelajaran

Comments

Popular Posts