Contoh Format Rekapitulasi Kenaikan Kelas / Kelulusan

Dalam setiap pencapaian dalam proses belajar mengajar, tentunya klasifikasi yang di peruntukkan oleh para siswa adalah kelayakan untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya atau belum. Pengklasifikasian tersebut sebenarnya tidak untuk membeda – bedakan mana siswa yang lebih pintar ataupun belum pintar, melainkan untuk diberikan materi dan perhatian khusus bagi siswa yang dinilai lamban dalam menangkap materi dan mengimplementasikannya. Kemampuan siswa dalam memahami materi berbeda – beda dan bisa ditentukan oleh masing – masing IQ (Intelligence Quick) mereka yang harus di uji dengan ujian khusus. Kemampuan yang berbeda beda tersebut juga harus sejalan dengan metode yang efektif yang bisa mencakup perbedaan tersebut, sehingga seluruh siswa bisa melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi lagi untuk mengembangkan kapasitas daya berfikir dan daya terapannya. Untuk mempermudah pengklasifikasian tersebut perlu adanya sebuah fasilitas yang menunjang para guru untuk mengklasifikasikan siswa yang layak untuk naik atau belum.


Untuk menanggapi hal tersebut, artikel ini menyajikan link yang bisa Bapak/Ibu unduh. Link tersebut berisi contoh format rekapitulasi kenaikan kelas/kelulusan. Format tersebut dibuat khusus untuk mempermudah para tenaga pengajar untuk membuat rekapitulasi kenaikan/kelulusan siswa secara akurat. 

Contoh Format Rekapitulasi Kenaikan Kelas/Kelulusan

Format tersebut terdiri dari 5 kolom dan 11 sub kolom yang berisi nomor, tingkat kelas, banyak murid(Laki – laki/Perempuan dan jumlah), banyak murid yang naik/lulus(Laki –laki/Perempuan, jumlah, presentase), banyak murid yang tidak naik/tidak lulus(Laki-laki/Perempuan, jumlah, presentase) adapun baris yang terdapat bisa disesuaikan dengan jumlah siswa yang akan diklasifikasikan. Tujuan dalam membuat format tersebut selain untuk membantu para tenaga pengajar untuk mengefisiensikan waktu dalam melakukan rekapitulasi kenaikan kelas/kelulusan siswa, adalah juga untuk berkontribusi didalam dunia pendidikan, yang menurut hemat penulis, dunia pendidikan saat ini harus bersinergi dengan efisiensi dan pemanfaatan teknologi yang efektif. Semoga dari apa yang telah penulis sajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat mempermudah kinerja para tenaga pengajar dalam pengabdiannya mencetak lulusan – lulusan berkualitas dan menjadi sumber daya manusia yang unggul dalam ranah nasional maupun internasional. Format Rekapitulasi Kenaikan Kelas/Kelulusan

Comments

Popular Posts