Contoh Format Daftar Pemeriksaan Persiapan Mengajar

Dalam mencetak lulusan – lulusan yang berkualitas dan unggul, tentunya kesiapan mental dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga pengajar haruslah seimbang. Karena para tenaga pengajar akan dihadapkan oleh masa – masa dimana para siswa memasuki tahap remaja atau pubertas, dimana mereka butuh perhatian dan bimbingan ekstra untuk dapat ditanamkan kedisiplinan dan keseriusan dalam menerima materi. Faktor kematangan guru dalam mengajar sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan saat ini, mengingat saat ini banyak, lulusan – lulusan baik itu dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas, mengalami degradasi moral yang menyebabkan mereka melakukan aktivitas – aktivitas diluar pengajaran yang didasari oleh kurikulum. Seperti yang sering kita lihat, maraknya tawuran pelajar, demo mahasiswa yang dibumbui anarkisme mencerminkan kurang matangnya tenaga pengajar dalam memberikan teladan yang bisa mereka contoh. Hal ini perlu adanya keseriusan dalam memperhatikan tingkat persiapan guru dalam mengajar.


Menanggapi hal tersebut, artikel ini menyediakan link yang bisa Bapak/Ibu unduh yang dimana, link tersebut berisikan contoh format daftar pemeriksaan persiapan mengajar. Format tersebut dibuat khusus untuk membantu sekolah dalam menginventarisir para guru untuk diliat kematangannya dalam mengajar. 

Contoh Format Daftar Pemeriksaan Persiapan Mengajar
Format tersebut terdiri dari 7 kolom dan 3 sub kolom yang berisi nomor, nama guru, mata pelajaran, semester, tingkat atau kelas, tanggal, dan hasil (bagus, sedang, kurang). Format ini sengaja dibuat selain untuk memudahkan sekolah dalam memilih dan memilah tenaga pengajar yang telah dinilai matang untuk melakukan pengajaran, juga dalam rangka untuk berkontribusi di dunia pendidikan yang menurut hemat penulis, dunia pendidikan saat ini, harus masuk kedalam tahap keseriusan dalam memperhatikan kualitas guru, teknis, dan fasilitas sekolah. Semoga dari apa yang telah penulis sajikan pada artikel ini, sedikit banyak dapat membantu pihak sekolah, dalam mengkualitaskan tenaga-tenaga pengajar, demi terciptanya lulusan – lulusan yang berkualitas, dan menjadi sumber daya manusia yang unggul di ranah nasional maupun internasional.  Pemeriksaan Persiapan Mengajar

Comments

Popular Posts