Contoh Format Daftar Pelaksanaan Ekstra Kurikuler

Contoh Format Daftar Pelaksanaan Ekstra Kurikuler | Selain mendapatkan pembelajaran formal dari apa yang diajarkan oleh para tenaga pengajar di sekolah yang didasari oleh kurikulum yang berlaku, tentunya untuk lebih meningkatkan potensi non akademik para siswa, kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan pasca kegiatan belajar mengajar juga harus diwajibkan. Mengingat, kegiatan ekstrakulikuler selain untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat siswa, juga berguna untuk mengisi waktu kehal yang lebih positif sepulang sekolah. Hal ini akan mengurangi kegiatan – kegiatan negatif para siswa seperti halnya nongkrong atau bahkan tawuran. Kegiatan ekstrakulikuler bermacam – macam, mengikuti minat siswa sesuai dari apa yang mereka ingin geluti. Salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang paling diminati oleh kalangan pelajar yaitu Futsal, Basket, Beladiri dan yang paling banyak diminati oleh siswa perempuan adalah dance baik itu modern atau tradisional, dan banyak juga yang mengikuti Paskibraka. Semua kegiatan tersebut tidak lepas dari pengawasan sekolah, agar tiap – tiap siswa wajib mengikuti kegiatan tersebut sesuai minat mereka. Untuk lebih mengoptimalkan pendataan dari jenis – jenis ekstrakulikuler, perlu adanya sebuah format untuk mencatat dan mengkategorikan jenis – jenis kegiatan agar siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mudah untuk dipantau.


Menanggapi hal tersebut dalam artikel ini, penulis menyajikan sebuah link yang bisa Bapak/Ibu unduh yang berisi contoh format daftar pelaksanaan ekstrakurikuler guna mempermudah dalam melakukan pendataan. 


Contoh Format Daftar Pelaksanaan Ekstra Kurikuler




Format ini terdiri dari 5 kolom yang berisi nomor, hari, tanggal, uraian kegiatan, dan keterangan. Adapun baris yang terdapat bisa di sesuaikan dengan jumlah kegiatan yang dipakai. Tujuan dari pembuatan format ini, selain untuk mempermudah para tenaga pengajar untuk mendata jenis kegiatan ekskul yang akan diikuti oleh para siswa, juga untuk berkontribusi didalam dunia pendidikan, mengingat kegiatan – kegiatan yang dilakukan siswa sepulang sekolah, banyak dimanfaatkan kehal – hal yang negatif. Semoga dari apa yang penulis sajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat membantu para tenaga pengajar, untuk dapat mencetak lulusan – lulusan yang berkualitas, serta menjadi sumber daya manusia yang unggul di ranah nasional maupun internasional. Format Daftar Pelaksanaan Ekstra Kurikuler

Comments

Popular Posts