Contoh Grafik Pencapaian Target Kurikulum Dan Daya Serap Kurikulum

Dalam dunia pendidikan, tentunya pemberian kurikulum yang disesuaikan dengan klasifikasi tingkat pendidikan sangat diperlukan. Banyak para ahli yang mendefinisikan pengertian kurikulum. Secara umum, Pengertian kurikulum adalah seperangkat atau sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Secara etimologis, kurikulum berasal dari istilah curriculum dimana dalam bahasa inggris, kurikulum adalah rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin yaitu currere, kata currere memiliki banyak arti yaitu berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha untuk mencapai titik tertentu. Kurikulum yang baik, serta pengimplementasian pembelajaran yang di berikan secara komprehensif dan disampaikan dengan kreatif, tentunya akan menghasilkan didikan – didikan yang kompeten dan berkualitas. Namun, tidak sedikit pula, penyajian kurikulum yang tidak sesuai dengan klasifikasi target penyampaian kurikulum malah berdampak pada penurunan moral atau sering disebut sebagai degradasi moral yang langsung berdampak pada peserta didik.Contoh kecil yang tentunya sudah sering diberitakan mengenai polemik kurikulum 2013 yang ditemukan konten – konten yang bermuatan vulgar dan radikal, hal itu tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua selaku wali dari peserta didik, jika materi yang didapat oleh anak – anak mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka ekspektasikan.



Melihat proposisi diatas yang sedikit banyak disinggung mengenai kurikulum, akan lebih efisien, jika pencapaian target kurikulum dan daya serap kurikulum di visualisasikan melalui grafik pencapaian target dan daya serap. Fungsi dari grafik tersebut untuk mengetahui seberapa efektif pencapaian kurikulum yang diberikan dan seberapa rendahnya pencapaian kurikulum yang diberikan sehingga perlu adanya evaluasi atau revisi penyusunan materi kurikulum. Berikut adalah contoh grafik pencapaian target kurikulum dan daya serap kurikulum yang bisa Bapak/Ibu unduh melalui link di bawah ini.

Dengan adanya format grafik tersebut, diharapkan dapat mempermudah kinerja tenaga didik untuk memvisualisasikan data efektivitas penyampaian kurikulum yang diberikan. Semoga apa yang disajikan pada artikel ini, dapat bermanfaat untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan melalui grafik yang akan menjadi parameter pencapaian materi sesuai dengan materi yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan. 

Comments

Popular Posts