Contoh Format Buku Dan/Atau Bahan Rujukan Pelajaran

Dalam menjalani program belajar mengajar di tiap – tiap sekolah, tentunya materi yang diberikan harus bersumber dari media yang kredibel dan sudah memenuhi kelayakan untuk didistribusikan. Buku yang merupakan komponen penting dalam menunjang kemampuan siswa dalam menjalani kegiatan belajar mengajar, seharusnya diimbangi dengan penyampaian yang mudah ditangkap oleh para siswa. Penyampaian yang koheren dengan kualitas muatan materi yang terdapat dalam buku merupakan instrumen yang baik untuk mengantar dan mengarahkan para siswa untuk mencapai keberhasilan yang di tuju. Buku adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. Buku pelajaran adalah buku yang dijadikan pegangan siswa pada jenjang tertentu sebagai media pembelajaran (instruksional), berkaitan dengan bidang studi tertentuBuku yang memenuhi kelayakan menurut Kemdikbud terdiri dari 4 poin:

·         Kelayakan isi/materi
·         Kelayakan Penyajian
·         Kelayakan Bahasa
·         Kelayakan Kegrafikan


Untuk membantu otoritas sekolah dalam menentukan buku materi yang sesuai dengan ke 4 poin di atas, artikel ini menyediakan contoh format buku dan bahan rujukan pelajaran untuk memudahkan otoritas sekolah untuk mengklasifikasikan buku yang dikirim dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) agar searah dengan standar kelayakan yang telah dibutirkan oleh Kemdikbud. Jika dari buku yang didistribusikan ada dari ke 4 poin diatas yang tidak lengkap, ini bisa menjadi kritikan dari pihak sekolah kepada Kemdikbud untuk dapat memenuhi kriteria yang berdasarkan dari 4 poin diatas. Berikut adalah link yang bisa Bapak/Ibu Unduh terkait format buku dan bahan rujukan pelajaran :


Contoh Format Buku dan Bahan Rujukan Pelajaran



Dalam format ini terdapat kolom judul buku, nama pengarang/penerbit, keterangan Jilid, cara memperoleh dan, kuantitas. Format ini dibuat khusus untuk menginventarisasi secara keseluruhan kelayakan buku dalam menyajikan materi yang sesuai dengan 4 poin sebagaimana yang telah disebutkan diatas. Semoga format yang Bapak/Ibu unduh pada link diatas dapat membantu melakukan evaluasi bagi para materi yang terdapat dalam buku, sehingga, siswa mendapatkan materi yang sesuai dengan nilai – nilai dan ilmu yang telah diproses untuk memenuhi kelayakan. Semoga dari kontribusi yang disajikan pada artikel ini, sedikit banyak bisa membantu proses belajar mengajar yang lebih edukatif, kreatif, dan efektif.

Comments

Popular Posts